Mulai dengan Denah Rumah

on Tuesday, September 1, 2015
      Di postingan yang lalu, saya telah uraikan beberapa cara mendapatkan rumah. Pada tulisan saya kali ini, saya akan memaparkan sedikit tentang persiapan membangun rumah. Tentunya bagi kawan-kawan semua yang sudah punya tanah, atau bagi kawan-kawan yang meskipun belum ada tanah tapi mempunyai rencana untuk mempunyai rumah. 

       Setelah kita mendapatkan lahan, kita bisa mulai merencanakan pembangunan rumah kita. Kita bisa leluasa membentuk bangunan rumah kita sesuai imajinasi kita, dan yang paling penting adalah memprioritaskan kenyamanan kita, mengingat rumah ini adalah tempat tinggal kita yang bisa jadi akan kita tempati seumur hidup kita. Langkah berikutnya adalah membuat denah rumah yang akan kita bangun. Untuk membuat denah rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1.  Luas lahan yang kita miliki

          Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah luas lahan yang kita miliki. Luas lahan akan memberikan kita gambaran tentang luas bangunan rumah yang akan kita bangun. ini juga bisa sebagai acuan awal untuk menentukan porsi ruang yang kita butuhkan di rumah kita. Misalnya, seberapa luas halaman depan atau halaman belakang rumah kita.

2. Bangunan lain yang berada di sekitar lahan kita

             Bentuk dan tinggi bangunan lain di sekitar lahan rumah kita perlu diperhatikan. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan rumah kita dari hal-hal yang tidak kita inginkan. misalnya, rumah tetangga sebelah berlantai 2, maka kita harus merancang rumah kita agar aktivitas di dalam rumah kita tidak terlihat dari rumah tetangga.

3. Kriteria ruang yang kita inginkan

            Idealnya, setiap orang akan memilih membangun rumah yang besar dengan banyak ruangan dengan fungsinya masing-masing. akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan kelebihan seperti ini. bagaimana jika kita hanya memiliki lahan yang terbatas. kita harus bisa memilah-milah ruang apa saja yang kita butuhkan dengan luas yang seperti apa agar lahan yang kita punya cukup. misalnya, jumlah kamar tidur, luas ruang tamu, perlunya ruang televisi, ruang kerja, halaman depan ata halaman belakang. 

4. Faktor privasi

             Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa rumah dengan segala ruangnya yang kita ingin bangun harus aman dan nyaman dari lingkungan luar. Apalagi, sebuah rumah adalah tempat berlindung dari dunia luar bagi kita. Misalnya, bagaimana kita menjadikan halaman belakang hanya untuk keluarga saja atau bagaimana kita menempatkan tempat jemuran pakaian agar tidak mudah dijangkau oleh orang lain.

5. Cara membuat denah

             untuk cara membuat denah, kita tidak perlu susah-susah pergi mencari arsitek handal. modal yang paling minim adalah sediakan pensil dan kertas untuk menggambar denah yang kita mau. Tapi juga kalau mau lebih keren, kita juga bisa menggunakan software dessain rumah gratisan yang banyak tersebar di internet. dan kalau memang ingin rumah yang sempurna dengan segala perhitungannya, ya cari saja seorang arsitek. 

             thank you

0 comments:

Post a Comment